Metode Pembelajaran Examples Non Examples
Fatih seorang guru di salah satu
sekolah swasta di bilangan kota Depok, ia sedang bingung dalam mempersiapkan
metode pembelajaran untuk materi pembelajaran esok di sekolah. Di tengah
kebingungannya, datanglah Ma’arif, salah satu temannya yang juga seorang guru.
Fatih : “Mau ngajar, tapi
bingung banged nih.”
Ma’arif : “Bingung kenape?”
Fatih : “Bingung nentuin
metodenye. Habisnya dari kemaren ngajar, kalo ga’ ceramah,
ya nyuruh anak-anak nyatet materi, habis itu nyuruh mereka
ngerjain tugas.”
Ma’arif : “Terus yang ente pengenin
cara ngajar yang kaya gimana?”
Fatih : “Itu dia, ane masih
bingung, gimane ente punya solusi ga? Jangan nanya doang.”
Ma’arif : “kalo solasi ane
punya, kalo solusi belom ada.”
Pernah ngalamin kejadian
seperti Fatih? Pernah dong…(maksa,hehehe) kalo pernah, coba cek beberapa
hal berikut, siapa tau bermanfa’at.
Pertama.
1.
Identifikasi
subyek belajar untuk menunjukkan sasaran
belajar.
2.
Identifikasi Kemampuan atau kompetensi yang
dapat diukur atau yang dapat ditampilkan melalui peformance siswa.
3.
Identifikasi keadaan dan situasi di mana siswa
dapat mendemonstrasikan performancenya.
4.
Identifikasi standar kualitas dan kuantitas
hasil belajar.
Maka berdasarkan indikator dalam penentuan
tujuan pembelajaran maka dapat dirumuskan tujuan pembelajaran mengandung unsur;
Audience (peserta didik), Behavior (perilaku yang harus dimiliki), Condition
(kondisi dan situasi).
Kedua.
Perhatikan aktivitas dan pengetahuan awal siswa
Ketiga.
Perhatikan integritas bidang studi/pokok bahasan
Dan perlu diketahui pula bahwa dalam
pengelolaan pembelajaran terdapat beberapa prinsip yang harus diketahui di
antaranya :
a.
Interaktif
b.
Inspiratif
c.
Menyenangkan
d.
Menantang
e.
Motivasi
Keempat.
Perhatikan jumlah siswa
Kelima.
Baru dah ente tentuin metode apa
yang ente mao terapin di proses pembelajaran.
Nih salah satu model atau metode
pembelajaran yang efektif :
EXAMPLES NON
EXAMPLES
Contoh dapat
dari kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah
:
- Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP/in focus
- Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
- Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
- Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
- Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
- Kesimpulan
Bersambung ke cerita berikutnya ye…….
(Disarikan dari beberapa sumber)
Post a Comment for "Metode Pembelajaran Examples Non Examples"