Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pembelajaran Examples Non Examples

Fatih seorang guru di salah satu sekolah swasta di bilangan kota Depok, ia sedang bingung dalam mempersiapkan metode pembelajaran untuk materi pembelajaran esok di sekolah. Di tengah kebingungannya, datanglah Ma’arif, salah satu temannya yang juga seorang guru.
Fatih : “Mau ngajar, tapi bingung banged nih.” 
Ma’arif : “Bingung kenape?” 
Fatih : “Bingung nentuin metodenye. Habisnya dari kemaren ngajar, kalo ga’ ceramah, ya nyuruh anak-anak nyatet materi, habis itu nyuruh mereka ngerjain tugas.”
Ma’arif : “Terus yang ente pengenin cara ngajar yang kaya gimana?”
Fatih : “Itu dia, ane masih bingung, gimane ente punya solusi ga? Jangan nanya doang.”
Ma’arif : “kalo solasi ane punya, kalo solusi belom ada.”


Pernah ngalamin kejadian seperti Fatih? Pernah dong…(maksa,hehehe) kalo pernah, coba cek beberapa hal berikut, siapa tau bermanfa’at.

Pertama.   

            1.      Identifikasi  subyek belajar untuk menunjukkan sasaran belajar.
2.      Identifikasi Kemampuan atau kompetensi yang dapat diukur atau yang dapat ditampilkan melalui peformance siswa.
3.      Identifikasi keadaan dan situasi di mana siswa dapat mendemonstrasikan performancenya.
4.      Identifikasi standar kualitas dan kuantitas hasil belajar.
Maka berdasarkan indikator dalam penentuan tujuan pembelajaran maka dapat dirumuskan tujuan pembelajaran mengandung unsur; Audience (peserta didik), Behavior (perilaku yang harus dimiliki), Condition (kondisi dan situasi).

Kedua.
Perhatikan aktivitas dan pengetahuan awal siswa

Ketiga.
Perhatikan integritas bidang studi/pokok bahasan
Dan perlu diketahui pula bahwa dalam pengelolaan pembelajaran terdapat beberapa prinsip yang harus diketahui di antaranya :
          a.       Interaktif
          b.      Inspiratif
          c.       Menyenangkan
          d.      Menantang
          e.       Motivasi

Keempat.
Perhatikan jumlah siswa

Kelima.
Baru dah ente tentuin metode apa yang ente mao terapin di proses pembelajaran.

Nih salah satu model atau metode pembelajaran yang efektif :

EXAMPLES NON EXAMPLES
Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD

Langkah-langkah :

  1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
  2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP/in focus
  3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
  4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
  5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
  6. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
  7. Kesimpulan
Bersambung ke cerita berikutnya ye…….
(Disarikan dari beberapa sumber)

Post a Comment for "Metode Pembelajaran Examples Non Examples"