Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengumuman Latihan dan Pembahsan Kisi-kisi UKK B.Arab Kelas VIII UQD




Assalaamualaikum WR WB

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada siswa dan siswi kelas VIII SMPIT Ummu'l Quro Depok yang telah mengerjakan latihan sebelum pukul 21.59 WIB pada hari Sabtu tanggal 21 Mei 2016. Selanjutnya saya menginfokan bahwa batas pengerjaan latihan diperpanjang sampai hari Minngu 22 Mei 2016 pukul 21.59 WIB. Dan bagi yang sudah mengerjakan latihan sebelum pukul 21.59 WIB pada hari Sabtu tanggal 21 Mei 2016 akan mendapatkan nilai tambahan.
Bagi yang belum mengerjakan latihan satu silahkan klik link ini http://addifuky.blogspot.co.id/2016/05/latihan-bahasa-arab-abcde.html dan untuk latihan dua silahkan klik link ini http://addifuky.blogspot.co.id/2016/05/last-exam.html
Di bawah ini adalah pembahasan kisi-kisi UKK Bahasa Arab kelas VIII 2015-2016 dan bagi yang mau mendownload berupa file pdf silahkan klik link ini https://drive.google.com/file/d/0BzB-bFhRjREOTjRzcGdJTzV1T2s/view


الْمِهْنَةُ
  • Disajikan gambar tentang profesi, siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai dengan gambar  yang disajikan.
1. (Isim Dhomir + Isim yang sesuai dengan Isim Dhomir)
2. (Isim Dhomir + Isim yang sesuai dengan Isim Dhomir)
Isim Dhomir = Kata ganti
 Untuk laki-laki : (Dia laki-laki) هُوَ, (Kamu laki-laki) أَنْتَ,
Untuk perempuan : (Dia Perempuan) هِيَ, (Kamu perempuan) أَنْتِ,
Untuk laki-laki dan perempuan : (Saya)  أَنَا, (Kami) نَحْنُ
Isim = Kata benda. Bisa berupa nama seseorang, nama tempat, profesi, dll.
Ciri dari kata isim perempuan biasanya pada kata akhirnya diakhiri dengan huruf ta marbutah ( ة )
Contoh : Ahmad, Laila, Guru laki-laki, Guru perempuan, Sekolah, dll.
Kalau isim dhomirnya untuk laki-laki maka isimnya pun harus laki-laki, begitu pula sebaliknya kalau isim dhomirnya untuk perempuan maka isimnya harus perempuan.
Contoh :
هَذَا أَحْمَدٌ, هُوَ فَلَّاحٌ  (Ini Ahmad, dia seorang petani laki-laki)
هَذِهِ لَيْلَى, هِيَ فَلَّاحَةٌ (Ini Laila, dia seorang petani perempuan)

3. (Isim Isyaroh + Isim yang sesuai dengan Isim Isyaroh)
Isim Isyaroh = Kata Tunjuk
Untuk laki-laki : (Ini) هَذَا , (Itu) ذَلِكَ
Untuk perempuan : (Ini) هَذِهِ , (Itu) تِلْكَ
Isim = Kata benda. Bisa berupa nama seseorang, nama tempat, profesi, dll.
Ciri dari kata isim perempuan biasanya pada kata akhirnya diakhiri dengan huruf ta marbutah ( ة )
Contoh : Ahmad, Laila, Guru laki-laki, Guru perempuan, Sekolah, dll.
Kalau isim isyarohnya untuk laki-laki maka isimnya pun harus laki-laki, begitu pula sebaliknya kalau isim isyarohnya untuk perempuan maka isimnya harus perempuan.
Contoh :
هَذَا أَحْمَدٌ, هُوَ فَلَّاحٌ  (Ini Ahmad, dia seorang petani laki-laki)
هَذِهِ لَيْلَى, هِيَ فَلَّاحَةٌ (Ini Laila, dia seorang petani perempuan)
4. Isim yang sesuai untuk melengkapi gambar
5. Isim Isyaroh yang sesuai dengan kalimat
6. Isim yang sesuai untuk melengkapi gambar
7. Melengkapi kalimat dengan Isim Dhomir yang sesuai
  • Disajikan pernyataan tentang Mashdar.
8. Memahami konsep Mashdar

Mashdar adalah isim (kata benda) yang dibentuk dari fi’il (Kata kerja). Sebagian mashdar hanya dapat diketahui secara sima’i  atau mendengarnya secara langsung dari penutur atau melalui buku-buku dan kamus Bahasa Arab. Sebagian lagi ada yang dibentuk dengan menggunakan rumusan tertentu atau disebut dengan wazan (الوَزْنُ).
Di antara wazan atau rumusan mashdar adalah sebagai berikut :
  1. Wazan (فِعَالَةٌ) contohnya : زِرَاعَةٌ (زَرَعَ) , كِتَابَةٌ (كَتَبَ) , دِرَاسَةٌ (دَرَسَ)
  2. Wazan (فَعْلَانُ) contohnya : فَيْضَانُ (فَاضَ) , رَجْفَانُ (رَجَفَ)
  3. Wazan ( فَعْلٌ ) contohnya : ضَرْبٌ (ضَرَبَ) ,(فَهِمَ) فَهْمٌ
  4. Wazan ( فُعُوْلٌ ) contohnya : نُزُوْلٌ (نَزَلَ) ,(نَهَضَ)  نُهُوْضٌ
9. Mengetahui contoh Mashdar
10. Mengetahui contoh Mashdar
11. Menerapkan rumusan Mashdar
12. Menerapkan rumusan Mashdar
13. Menerapkan rumusan Mashdar
  • Disajikan percakapan sederhana, siswa dapat melengkapi percakapan tersebut.
14. Melengkapi percakapan (Isim + Dhomir Muttashil)
Dhomir Muttashil yaitu dhomir yang bersambung dengan kata sebelumnya. Lebih jelas kita katakan bahwa dhomir jenis ini tidak mungkin digunakan untuk mengawali ucapan. Dan biasanya digunakan untuk bentuk kepemilikan. Contoh pulpenku, bukunya.
Untuk laki-laki : (nya) هُ , (mu) كَ
Untuk perempuan : (nya) هَا , (mu) كِ
Untuk laki-laki dan perempuan : (ku) يْ , (kami) نَا   
Contoh :
(hobinya (lk)) هِوَايَتُهُ , (hobinya (pr)) هِوَايَتُهَا , (hobimu (lk)) هِوَايَتُكَ , (hobimu (pr)) هِوَايَتُكِ
(hobiku) هِوَايَتِي , (hobikami) هِوَايَتُنَا
15. Melengkapi percakapan (Isim + Dhomir Muttashil)
Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat melengkapi kalimat sederhana
16. Melengkapi kalimat (Isim + Dhomir Muttashil)
17. Melengkapi kalimat dengan kata kerja yang sesuai subjek kalimat (an + kata kerja sekarang)
Kata kerja sekarang/ Fi’il Mudhori yang terletak setelah an (أَنْ) maka I’robnya adalah mansub atau berharokat fathah.
Contoh :
عَرْفَان يُرِيْدُ أَنْ يَأْكُلَ اللَّحْمَ.
يُوْلِيَا تُرِيْدُ أَنْ تَشْرَبَ القَهْوَةَ.
18. Melengkapi kalimat dengan kata kerja yang sesuai subjek kalimat (an + kata kerja sekarang)
  • Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat melengkapi kalimat sederhana
19. Melengkapi kalimat dengan kata kerja yang sesuai subjek kalimat (li + kata kerja sekarang)
Kata kerja sekarang/ Fi’il Mudhori yang terletak setelah li (لِ) maka I’robnya adalah mansub atau berharokat fathah.
Contoh :
عَرْفَان يُرِيْدُ أَنْ يَذْهَبَ إِلَى الْمَدْرَسَةِ لِـــــــيَتَعَلَّمَ.
يُوْلِيَا تُرِيْدُ أَنْ تُذْهَبَ إِلَى الْمَدْرَسَةِ لِـــــــيَتَعَلَّمَ.
20. Melengkapi kalimat dengan kata kerja yang sesuai subjek kalimat (li + kata kerja sekarang)
  • Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat menterjemahkan salah satu kata yang diberi tanda dari kalimat yang disajikan
21. Menterjemahkan kata tentang profesi kedalam Bahasa Indonesia
22. Menterjemahkan kata tentang profesi kedalam Bahasa Indonesia (Isim + Dhomir Muttashil)
23. Menterjemahkan kata tentang profesi kedalam Bahasa Indonesia (Isim + Dhomir Muttashil)
  • Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat menterjemahkan salah satu kata yang diberi tanda dari kalimat yang disajikan
24. Menterjemahkan kata tentang profesi kedalam Bahasa Indonesia
25. Menterjemahkan kata tentang hobi ke dalam Bahasa Indonesia

Post a Comment for "Pengumuman Latihan dan Pembahsan Kisi-kisi UKK B.Arab Kelas VIII UQD"