Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Optimasi SEO Dengan Tepat dan Benar Part 2

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan suatu teknik untuk optimasi dan memaksimalkan suatu artikel postingan didalam blog atau website. Penggunaan SEO ini sangat bermanfaat sekali buat sobat semua yang ingin artikelnya tampil pada urutan pertama (ON Page). Sehingga, sebelum mengupload atau mempublikasikan suatu artikel postingan, wajib hukumnya untuk mengoptimasi judul atau artikel didalam blog sobat. Biar judul atau blog sobat ada dihalaman google.


A. Kenapa SEO On Page harus lebih didahulukan?

Jika diibaratkan sebuah bangunan, yang harus terlebih dahulu dilakukan adalah membangun sebuah pondasi yang kuat, agar bangunan tersebut menjadi kokoh dan tidak mudah tergoyahkan. Begitu juga dengan membangun sebuah blog. Langkah awal yang harus menjadi pertimbangan adalah meneliti setiap bagian (internal) sebuah blog dan berusaha untuk menjaga serta mengatur agar adanya keseimbangan sebelum melakukan Optimasi SEO Off Page. Artinya, kenapa kita harus terburu-buru dalam melakukan optimasi keluar (Off Page), jika landasan awalnya sendiri belum siap. 
 
Untuk itu, sebelum melangkah lebih jauh, berikut hal-hal yang diperlukan sebagai landasan awal untuk membangun sebuah blog atau website agar SEO Page ON di google.

1. Pemilihan Template

Pemilihan Template

Template adalah kerangka awal dimana sebuah blog akan dibangun. Pada bagian ini kita dituntut untuk mengenal lebih dalam karakter sebuah template. Jangan memilih sebuah template hanya dilihat dari tampilan luarnya saja, tapi juga perlu dilihat struktur dalam template apakah sudah baik atau tidak  dengan mesin pencari.
Rumus : tampilan yang menarik + fast loading.

2. Pengaturan Tag Heading (H1 - H6)

Ini merupakan hal penting yang harus diatur sedemikian rupa. Sesuai dengan unsur yang dianjurkan search engine agar lebih dapat mengenali sebuah blog atau website. Sebaiknya, hindari penggunaan dua atau lebih Tag H1 pada Postingan dan Halaman Statis. Selanjutnya pada sub judul kita gunakan Tag H2 (heading 2) dan begitu seterusnya hingga ke Heading yang lebih kecil.
Rumus : harus tau bedain + gunain h1(besar) dan h6(sangat kecil) di artikel postingan.

3. Konten atau Isi


Content Is King artinya adalah konten adalah raja, atau artikel postingan adaah raja. Demikianlah yang sering dibicarakan oleh para pakar SEO di seluruh dunia. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah konten seperti apa yang bisa dibilang telah masuk dalam kategori konten yang berkualitas?. Menurut beberapa rekomendasi, yakni konten unik bukan hasil dari copas. Itulah yang sering kita dengar mengenai penilaian konten yang berkualitas didalam suatu web. Namun tentunya tidak cukup hanya sekedar unik saja, masih ada beberapa faktor lain yang akan membuat konten tersebut menjadi berkualitas dimata search engine.
Rumus : pelajari SEO + hubungan antar link.

4. Menu atau Navigasi


Menu atau Navigasi pada blog dapat kita ibaratkan sebagai pemandu seorang pengunjung untuk melangkah lebih jauh ke dalam blog atau website kita. Biasanya menu atau navigasi ini berfungsi untuk memmbantu pengunjung situs web, untuk lebih tau bagaimana cara kerja situs web kita. Apakah dapat digunakan dengan mudah atau tidak. 

Kita bisa bayangkan, jika sebuah hotel mewah tanpa seorang resepsionsis penyambut tamu. Rasanya aneh banget kan?. Begitulah si tamu yg berkunjung tadi, dia tidak akan tahu fasilitas apa yang disediakan hotel sebelum ada yang beritahu dia. Dan ada kemungkinan ia akan memutuskan untuk berpikir mencari hotel lain yang mampu memberi rekomendasi terbaik tentang hal yang dia butuhkan. Seperti itulah maksud dari menu atau navigasi ini.

Menu atau Navigasi didalam situs web bisa berupa sebuah informasi utama, seperti Halaman Kontak, Tentang, Disclaimer, dan tak ketinggalan yaitu Sitemap atau Daftar Isi sebagai bagian penting pada blog. Lalu dapat pula ditambahkan dengan menu untuk Kategori lainnya seperti menu about us. Untuk membuat blog sobat dapat lebih dikenali pengunjung.

Dengan kelengkapan pada beberapa menu diatas, maka akan sangat membantu pengunjung dalam menemukan informasi yang ia cari. Serta akan menjadi sebuah rekomendasi dari kita agar berkembang menjadi jalan penuntun bagi pengunjung untuk terus menjelajah setiap artikel didalam situs web kita. 

Tidak hanya itu, sistem navigasi yang baik akan membuka peluang sebuah blog yang nantinya akan ditampilkan dengan Sitelink pada SERP khususnya Google.
Rumus : susunan menu + widget.

5. Judul Postingan


Judul Postingan mempunyai peran penting dalam mesin pencarian google. Dalam hal ini diperlukan kreativitas dan ide, serta kemampuan membaca potensi kata kunci yang akan diketik oleh calon pengunjung di search engine. Caranya adalah dengan mencari kata kunci persaingan di google planner atau search google.

Unsur lain yang tidak kalah penting dalam penentuan judul artikel adalah harus mempunyai relevansi dengan isi artikel bersangkutan. Untuk itu, kita bisa memasang sebuah widget artikel terkait yang biasa dipasang setelah diakhir sebuah artikel.
Rumus : judul unik dan menarik yang mengundang klik.

6. Navigasi Link Pada Konten


Pada sebuah blog, link yang menghubungkan satu halaman ke kehalaman lain, sangat berperan penting untuk meningkatkan ranking. Fungsi ini mirip dengan Menu Navigasi yang telah aku sebutkan di atas. Link tersebut berguna sebagai penunjuk bagi pengunjung saat mencari informasi selanjutnya atau yang terkait. Biasanya link-link tersebut dapat dalam sebuah widget artikel terkait yang biasa dipasang setelah akhir dari sebuah artikel.
Rumus : menu gampang dikenali dan digunain.

7. Pemilihan Kata Kunci

Kata Kunci atau keywords harus disesuaikan dengan Topik serta Judul Artikel. Secara umum, kata kunci utama yang kita bidik diupayakan mengandung unsur judul artikel dan relevan dengan isi konten. Dalam hal ini, perlu ada sedikit tambahan kata pada inti judul artikel sobat, biar tidak terkesan membosankan saat dibaca pengunjung, namun tetap SEO friendly. Contoh, jika sobat membuat artikel tentang : belajar buat blog, maka tamabahin katanya menjadi : belajar buat blog mudah dan simle. Percaya deh, blog sobat akan menjadi SEO one page nantinya. Tapi, hindari kata kunci tunggal, karena hampir pada semua kata kunci tunggal selalu akan berat persaingannya. Contoh, belajar buat blog.
Rumus : pelajari persaingan kata kunci SEO.

8. Pengaturan atau Peletakan Kata Kunci pada Konten

Pada sebuah artikel biasanya akan ada beberapa Paragraf. Bagi dan atur keywords utama pada setiap paragraf tersebut, dengan tepat dan seimbang. Jangan menumpukkan atau mengumpulkan kata kunci hanya pada beberapa paragraf saja. Rangkailah kata kunci tersebut se-natural mungkin dan tersemat secara merata pada beberapa bagian konten. Untuk mempermudah google melakukan index pada situs web sobat.

Itulah beberapa cara mengenai optimasi SEO on page di blog. Semoga dengan membaca artikel ini sampai habis, sobat mengerti dan paham bagaimana cara penerapan artikel SEO ini didalam blog atau webiste sobat. Jadi, untuk menutup artikel ini, aku ucapkan terima kasih. Dan selamat beraktifitas hehehe.


Sumber : Cara Optimasi SEO untuk Blogger Pemula | Asli Belajar Sendiri Part 2

Post a Comment for "Cara Optimasi SEO Dengan Tepat dan Benar Part 2"